EFEK KURANG MINUM AIR DAN MAKAN SERAT

Posted by

Kita semua telah mengetahui fakta bahwa apa yang kita konsumsi pasti berpengaruh terhadap kondisi tubuh dan metabolisme manusia.

Terdapat banyak hal yang terjadi atau efek yang timbul akibat apa yang kita konsumsi atau yang tidak kita konsumsi yang semestinya sangat diperlukan oleh tubuh.

Pengaruh asupan makanan dengan risiko penyakit jiwa sudah diketahui banyak orang. Ada jenis makanan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas, yang dapat meningkatkan risiko terserang depresi dan demensia.

Namun perlu kita sadari bahwa tak banyak penelitian yang menghubungkan pengaruh asupan makanan dengan kondisi mood seseorang.

Adalah Prof Gary L Wenk, PhD dari Ohio State University and Medical Center mengatakan bahwa sebenarnya pengaruh asupan makanan terhadap mood' seseorang ternyata sangatlah besar dampaknya.

"Memang belum ada penelitian skala besar yang melihat apa pengaruh makanan terhadap kondisi jiwa. Namun beberapa penelitian mengatakan bahwa pola makan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko depresi di kemudian hari," tuturnya, dikutip dari Psychology Today, Sabtu (11/4/2015).

Jurnal Nutritional Neuroscience menganalisis beberapa asupan makanan yang dipercaya dapat memengaruhi mood seseorang.

Partisipan yang berjumlah 84 orang dipantau pola dan menu makanannya oleh para peneliti selama 23 bulan.

Menu makanan yang disajikan pun sangat beragam, mulai dari sereal, sayur-mayur, buah-buahan, aneka produk olahan dari susu dan daging serta asupan air.

Peneliti juga memantau kalori, lemak kolesterol, garam dan serat yang dimakan oleh para partisipan dalam penelitian tersebut.

Menakjubkan, Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang sering mengonsumsi daging, susu dan memiliki kandungan lemak dalam darah yang tinggi rata-rata memiliki mood yang jelek.
Sementara mereka yang mengonsumsi lebih banyak air, serat, magnesium dan mineral lainnya memiliki mood yang lebih bagus.

Prof Wenk menyimpulkan bahwa makanan yang tinggi serat serta kecukupan kebutuhan air memiliki peranan penting dalam menjaga mood seseorang tetap bagus.

Ia pun ( Prof Wenk ) menyarankan agar orang yang moodnya sering jelek untuk dapat lebih banyak memakan sayur dan buah agar tak depresi di masa depan.

"Jika Anda merasa depresi dalam beberapa hari terakhir ini saya sarankan agar mengonsumsi Diet Mediterania. Diet mediterania kaya akan bahan kacang-kacangan dan serat sehingga baik untuk kondisi mood Anda," pungkasnya.

Demikianlah informasi kesehatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan dalam hal kesehatan.


Blog, Updated at: 11.21

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Send Quick Massage

Nama

Email *

Pesan *